TWRP Hp Xiaomi Itu Apa Sih, Yuk Baca Dulu Biar Gak Gagal Paham

TWRP Xiaomi untuk Custom Rom

Nama TWRP mungkin terdengar asing buat kamu yang belum pernah mengutak atik Software Xiaomi, TWRP merupakan Singkatan dari Team Win Recovery Project dan merupakan salah satu Custom Rom Alternatif yang dapat di gunakan untuk merubah, memodifikasi atau menginstal manual Handphone Xiaomi tanpa bantuan komputer.

Dengan Kata lain TWRP merupakan jembatan penghubung atau media untuk menginstal Hp Xiaomi, namun apakah benar TWRP Xiaomi ini disebut-sebut berbahaya? Nah untuk lebih jelasnya Simak lebih lengkapnya dibawah ini:

Apa Sih TWRP Xiaomi Itu


Android memberikan banyak kebebasan bagi para pengguna dalam mengelola sistem operasi perangkat secara penuh di bawah lisensi terbuka (Apache). Dengan kebebasan tersebut, pengguna dapat lebih leluasa mengubah atau memodifikasi lebih jauh perangkat yang di gunakan agar dapat dioperasikan lebih maksimal dan memiliki tampilan yang lebih menarik dan berbeda dari yang lainnya.

Banyak sekali hal yang sering dilakukan oleh user untuk memaksimalkan kinerja dan tampilan android yang lebih baik, dan salah satu yang sering digunakan dalam meningkatkan kinerja dan tampilan android adalah dengan memasang Custom Recovery.

Xiaomi, tak lain adalah perusahaan yang berawal dari pengembangan custom ROM juga tak ketinggalan memberikan kebebasan dalam mengelola sistem Android pada semua perangkat yang di produksinya, tentu saja hal ini bisa di lakukan setelah user melakukan unlock bootloader, rooting, dan lain sebagainya.

Namun disisi lain ada satu hal yang cukup menarik di perangkat Xiaomi. Jika produk android lain menggunakan custom recovery CWM (ClockworkMod) sedangkan di perangkat Xiaomi menggunakan Custom recovery TWRP.

Pada dasarnya, semua perangkat Android dilengkapi dengan recovery bawaan atau yang biasa disebut dengan Stock Recovery. Namun sayangnya, Recovery bawaan ini memiliki fungsi utama yang sangat terbatas, yaitu untuk menghapus semua data pengguna dan untuk memberikan Update sistem secara manual dengan paket pembaruan yang telah di verifikasi.

Untuk masuk ke dalam mode ini, setiap perangkat Android memiliki cara khusus dan berbeda-beda. Untuk perangkat Xiaomi cara yang digunakan pun berbeda, ada yang menggunakan kombinasi tombol power dan tombol volume up secara bersamaan, ada juga yang menggunakan kombinasi tombol power + tombol volume down secara bersamaan, semua itu tergantung seri perangkat xiaomi yang digunakan.

Jadi TWRP itu merupakan Alternatif Custom Recovery untuk para pengguna android yang tersedia cuma-cuma dengan lisensi terbuka. Berbeda jauh dengan Stock Recovery, Custom Recovery dikembangkan oleh pihak ketiga dengan kemampuan yang lebih lengkap.

Tidak hanya itu, custom recovery juga tak hanya dapat menghapus data dan memperbarui sistem, biasanya custom recovery diprogram agar berfungsi mencadangkan dan memulihkan sistem, ada juba pilihan sebelum menghapus data supaya seluruh data pengguna tidak terhapus, dan tentunya dapat menginstal paket pembaruan sistem yang berasal dari pihak ketiga.

Custom recovery TWRP juga khusus menawarkan dukungan penggunaan layar sentuh di dalam penggunaannya, di mana pada stock recovery dan kebanyakan custom recovery android lain masih menggunakan tombol fisik.

Pada Perangkat Khusus Xiaomi, Pengguna dapat memasang recovery TWRP jika perangkat yang digunakan sudah dalam kondisi Terpasang Unlock Bootloader. Setelah itu pengguna dapat masuk ke mode tersebut dengan menggunakan cara yang sama untuk masuk ke stock recovery.
Advertisement
Advertisement

Tidak masalah seberapa lambat kau berjalan, asalkan kau tak berhenti.