Cara Menambah Ram Xiaomi Redmi Series Tanpa Aplikasi

Ram xiaomi penuh

Ponsel kelas menengah Xiaomi adalah ponsel yang paling banyak di minati dan laku di pasaran Indonesia, selain baterainya awet, Xiaomi juga memiliki spesifikasi keamanan yang baik layaknya iPhone. Namun di level kelas menengah ini rata-rata Xiaomi mempunyai kapasitas ram standar yaitu 2 GB dengan Memory internal 16 GB.

Namun makin meningkatnya kebutuhan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet tentu hal ini akan mengurangi kapasitas Ram, makin banyaknya aplikasi yang terinstal di ram tersebut tentu makin berkurang pula kapasitas ram yang ada. Hal ini terjadi karena setiap aplikasi yang terinstal umumnya berjalan otomatis di belakang layar tanpa kita buka sekalipun.

Aplikasi yang berjalan otomatis tersebut tentu semakin lama akan menambah beban dan mengurangi kapasitas ram tersebut. Aplikasi yang berjalan juga akan meninggalkan Cache atau Sampah. Cache tersebutlah yang lama kelamaan bertambah dan memenuhi kapasitas ram yang ada.

Nah mengapa artikel kali ini saya beri judul Cara Menambah Ram Xiaomi Redmi Series Tanpa Aplikasi, karena disini saya akan membocorkan bagaimana Cara mengurangi atau mengkikis kapasitas ram agar kinerja Ponsel Xiaomi kamu lebih cepat alias gak lemot.

Dengan mengurangi isi yang ada dalam ram ini, ponsel Xiaomi kamu juga akan lebih leluasa menginstal lebih banyak aplikasi sesuai kebutuhan mobile kamu. So.. gimana caranya, simak tutorialnya dibawah ini.

Cara Menambah Ram Xiaomi Redmi Series Tanpa Aplikasi


Siapkan ponsel xiaomi.. ingat jangan ponsel Lain ya..hehe.. Kemudian lanjutkan ke langkah berikut:

1. Nonaktifkan Batas Latar Belakang


Ketika kamu menjalankan sebuah aplikasi maka otomatis aplikasi tersebut akan berjalan sendiri di belakang layar, hal inilah yang membuat kapasitas ram semakin berkurang.

Nah maka dari itu kalian perlu menonaktifkannya, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka pengaturan.
  • Buka Tentang ponsel.
  • Tap Versi MUI Sebanyak 7 kali Untuk Mengaktifkan Menu Opsi Pengembang .
  • Setelah Aktif buka Setelan tambahan > Opsi Pengembang > Batas Proses latar belakang > Pilih Tidak ada proses latar belakang. (Lihat Gambar)


    2. Nonaktifkan Perizinan Aplikasi


    Sebagian besar aplikasi yang terinstal di handphone kita sebagian besar memerlukan perizinan atau akses langsung ke beberapa fitur seperti penyimpanan, kamera, lokasi, GPS dll. Jika sedang tidak menggunakan salah satu dari aplikasi yang kalian gunakan sebaiknya di nonaktifkan saja atau di disable.

    Sebelum menerapkan cara dibawah silakan cek dan catat kapasitas ram kamu saat ini.

    Jika anda mengaktifkan izin tentu juga akan mengurangi kapasitas dan kinerja ram yang ada. Untuk menonaktifkannya silakan masuk ke Pengaturan > Perizinan aplikasi. (Lihat tiap gambar yang saya beri kotak merah).

    Setting Izin Aplikasi Xiaomi 1

    Selanjutnya Nonaktifkan satu persatu semua perizinan yg ada didalam masing-masing aplikasi dengan cara tap Perizinan dan Perizinan lainnya (Lihat gambar).

    Setting Izin Aplikasi Xiaomi 2

    Jika tab tersebut di buka, masing-masing akan tampak seperti gambar di bawah ini. Silakan kalian nonaktifkan satu persatu aplikasi yang jarang kalian gunakan.

    Setting Izin Aplikasi Xiaomi 3

    Setelah semua perizinan aplikasi sudah dinonaktifkan/disable sekarang silakan cek kembali kapasitas ram kamu. Apakah sudah bertambah? Jika sudah artinya kalian sudah berhasil menerapkan Cara Menambah Ram Xiaomi Redmi Series Tanpa Aplikasi.

    Yuk share ke teman-teman mu.
    Advertisement
    Advertisement

    Artikel Terkait

    Jangan menunggu kemampuan sebelum anda bersedia Bertindak. Bertindaklah karena itulah yang kelak menjadikan anda mampu