Dukungan Https Kini Sudah Tersedia Untuk Custom Domain Blogger

Dukungan Https Kini Sudah Tersedia Untuk Custom Domain Blogger

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure adalah protokol komunikasi internet yang memiliki fungsinya melindungi integritas dan privasi data pengguna antara komputer pengguna dan situs/web/blog yang dikunjungi.

Pengguna internet Zaman Now tentu menginginkan penelusuran yang aman dan bersifat pribadi saat menggunakan mengunjungi sebuah situs/web/blog agar privasi mereka terlindungi selama terkoneksi dengan jaringan initernet. HTTPS Zaman Now ini tentu sangat baik menjalankan fungsinya sebagai media untuk melindungi koneksi/jaringan si pengguna internet itu sendiri ke situs/web/blog.

Bila kita mengakses dasboard blogger melalui www.blogger.com tentu menu pilihan untuk setting HTTPS suport ini belum muncul, dan untuk membukanya kita harus mengakses alamat draft.blogger.com dengan cara pilih setelan > dasar dan lihat bagian kanan pilihan yang ada seperti gambar berikut:

Setting Https Untuk Custom Domain Blogger

Berikutnya aktifkan HTTPS Availability dengan memilih YES pada kolom pilihan, halaman dashboard akan te-refresh otomatis yang kemudian akan masuk ke proses pengalihan url yang semula HTTP dan akan di alihkan ke HTTPS atau menunggu HTTPS aktif (lihat gamabar)

Proses Pengalihan Http ke Https Untuk Custom Domain Blogger

Dalam mode pilihan diatas untuk beberapa saat blog tidak bisa diakses. Tak perlu khawatir, pengalihan url dari HTTP ke HTTPS hanya sebentar, setelah menu pilihan kedua "Https redirect" sudah bisa diklik, pilih juga "Yes" pada pengaturan ini. Lihat gambar dibawah ini:

Proses Redirect Http ke Https Berhasil

Jika pemgaturan sudah disetting seperti gambar diatas maka blog sudah kembali bisa diakses, tentunya url blog juga sudah berubah menjadi HTTPS. Jadi Jika ada link di blog awalnya menggunakan url Http maka otomatis akan dialihkan ke Https, begitu juga jika ada pengunjung yang mengakses dengan url blog yang lama dan masih menggunakan Http maka otomatis alan dialihkan ke HTTPS.

Di samping itu juga untuk anda yang menggunakan adsense maka adsense anda yang biasanya tayang dengan normal akan hilang/blank beberapa saat, namun anda tak perlu khawatir, masalah ini tak akan berlangsung lama, adsense membutuhkan waktu beberapa saat dan akan otomatis nantinya untuk menyesuaikan iklan yang mendukung Https.

Dalam hal ini juga ada beberapa hal yang wajib dilakukan setelah Https aktif diantaranya adalah:

  • Ganti semua Url lama yang di edit di Html dengan cara masuk ke edit HTML, tekan Ctrl + Shif + R untuk memunculkan kotak di pojok kanan atas.
  • Ketikan url lama anda yang masih menggunakan Http pada kolom yang muncul kemudian tekan Enter (http//:www.namadomainanda.com)
  • Ketikan https//:www.namadomainanda.com dan tekan Enter kembali.
  • Periksa template blog anda untuk mixed content. Jika Https blog anda masih berwarna abu-abu artinya menandakan template blog memiliki mixed content, tentu hal ini harus diperbaiki agar HTTPS berubah warna menjadi hijau. Semua Url js dan gambar menggunakan Https dan dapat diakses dengan normal.
  • Rubah url sitemap di robots.txt menjadi Https. Sebelumnya Tambahkan dulu properti baru di Search Console untuk nama domain anda dengan awalan Https
  • Selesai

Demikian Tutorial Blogger kali ini mengenai Dukungan Https Kini Sudah Tersedia Untuk Custom Domain Blogger. Semoga apa yang bisa saya share kali ini bermanfaat, salam hangat.
Advertisement
Advertisement

Tidak masalah seberapa lambat kau berjalan, asalkan kau tak berhenti.