Inilah Alasan Kenapa Hasil Jepretan Smartphone Disimpan Dalam Folder DCIM

Ternyata..!!! Inilah Alasan Kenapa Hasil Jepretan Smartphone Ditampung Dalam Folder DCIM

Mungkin pernah terlintas dalam benak anda yang ingin tau kenapa setiap Kamera smartphone saat ini selalu memiliki folder DCIM untuk menyimpan setiap hasil foto yang di ambil dari smartphone tersebut.

Nah Perlu anda ketahui, DCIM sendiri merupakan singkatan dari Digital Camera Images, DCIM merupakan folder yang menampung semua hasil foto dari kamera smartphone. Lantas Kenapa bisa diberi nama DCIM?

Asal nama Folder DCIM


DCIM lahir dari DCF. Nah apa sih DCF itu? DCF sendiri adalah singkatan dari "Design rule for Camera File system". DCF digagas oleh JEITA. JEITA merupakan sebuah badan Industri Teknologi yang terletak di Jepang yang mempunyai nama lengkap Japan Electronics and Information Technology Industries Association.

Sebenarnya, pencetusan folder DCIM tersebut hanyalah sebagai standarisasi dari DCF saat itu, sebagai contoh media storage seperti kartu memory (SD card) yang harus memiliki Format FAT16 atau FAT32 agar bisa terbaca di sebuah smartphone maupun kamera digital. Intinya adalah agar semua perangkat kompatibel dengan kartu SD tersebut.

Jika anda Masih Belum Paham juga, begini penjelasannya:

DCF telah menetapkan DCIM (Digital Camera Images) sebagai standar nama folder yang wajib ada disetiap perangkat yang memiliki Kamera, DSLR, Digital Camera, Smartphone, dll.

Pada dasarnya, Folder DCIM terdapat sub-folder di dalamnya, dan secara konsisten menamai setiap file-nya dengan angka sebanyak 3 digit dari 100-999 dan juga 5 karakter alfanumerik. Namun, terkadang karakter alfanumerik tidak banyak digunakan.

Contoh nya saja "Apple". Perusahaan tersebut cukup beruntung, karena Apple memiliki 5 karakter dan bisa digunakan sebagai nama folder, seperti 100APPLE, 200APPLE dan lain sebagainnya.

Jadi disini kita cukup memahami kenapa di setiap smartphone Android, pasti hasil foto dan jepretan yang dihasilkan dari kamera akan masuk ke dalam folder 100ANDRO. Nah bagaimana bisa dimengerti kan?

Umumnya Susunannya folder dan sub foldernya akan terbentuk seperti ini:
"DCIM > 100ANDRO > DCF_0001.JPG, DCF_0002.JPG, DCF_0003.JPG"

Lantas apakah anda Pernah Melihat File Berformat .THM di Dalam Folder smartphone atau memory anda?

Jika anda sering memperhatikan hal-hal kecil di setiap folder smartphone Pastinya pernah melihat file dengan format .THM tersebut, nah file itu merupakan file metadata untuk sebuah file berformat Video.

Jika anda merekam sebuah video dan memutarnya di berbagai media player, file .THM adalah file yang berisikan data seperti thumbnail dan metadata lainnya. Jadi, anda tidak perlu menghapus dan curiga terhadap file yang tersebut.

Pertanyaannya sekarang, Lalu, Kenapa Semua Produsen smartphone Mengikuti hal yang sama?

Kenapa semua produsen sama ketika produknya menyimpan data sebuah hasil foto ke folder DCIM tersebut? nah penjelasannya begini, DCF adalah standarisasi untuk sebuah kamera digital ataupun smartphone. Ini berarti, dengan standarisasi tentu akan memudahkan berbagai software yang mengikuti standar tersebut untuk melakukan impor maupun ekspor sebuah file.

Misalnya saja, ketika anda menghubungkan smartphone dengan komputer untuk melakukan foto, folder yang akan dituju otomatis adalah folder DCIM, sehingga software dapat langsung mengenali folder dimana letak foto-foto tersebut berada.
Advertisement
Advertisement

Tidak masalah seberapa lambat kau berjalan, asalkan kau tak berhenti.