Cara Simpel Mengatasi Bootloop Asus Fone Pad K012 Tanpa PC

Cara Simpel Flashing Asus Fone Pad K012 Tanpa Komputer

Semalam baru saja saya memperbaiki android Asus fone Pad K012 teman saya yang mengalami bootloop, hal ini kemungkinan dapat terjadi pada semua Smartphone Android tipe apapun. Penyebab bootloop bisa bermacam-macam, misalnya saja:

  • Custom room tidak sesuai standar.
  • Root smartphone
  • Penggunaan apk dari sumber yang tidak dikenal
  • Sering Gonta-ganti tema.
  • Banyaknya aplikasi ekternal yang terinstal.
  • Dll.

Untuk itu sebaiknya anda tidak melakukan salah satu hal diatas untuk meminimalisir terjadinya bootloop pada Smartphone anda. Jika sudah terlanjur smartphone anda mengalami bootloop anda bisa melakukan cara sederhana yang biasa saya lakukan pada smartphone android yang mengalami bootlop seperti ini.

Karena saya baru saja mengatasi bootloop pada smartphone teman saya, maka disini saya menggunakan Asus Fonepad K012 sebagai contoh. Karena memang pada umumnya cara mengatasi bootloop Asus Fone Pad K012 yang saya akan share ini juga bisa dilakukan hampir pada semua tipe smartphone berbasis android.

Kali ini saya akan membagikan dua cara untuk mengatasinya, cara yang pertama adalah dengan mereset ke setelan awal pabrik dan yang ke 2 dengam cara flashing ulang tanpa menggunakan bantuan PC (komputer)

Mengatasi Bootloop Dengan Hard Reset


Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mengatasi bootloop pada semua tipe smartphone ber-flatform Android. Untuk mengatasinya anda hanya perlu melakukan hard reset via masuk ke recovery mode dengan cara menekan Volume up/down + power secara ber-samaan sampai muncul menu seperti gambar dibawah ini:

Masuk ke recovery mode asus fone pad K012

Setelah terbuka pilih menu Factory reset, gunakan tombol volume untuk menggeser dan tombol power untuk memilih. Pada pilihan ini Smartphone akan melakukan penghapusan semua data secara otomatis dan mengembalikannya ke setelan awal pabrik, Tunggu sampai selesai, proses ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lama, tergantung kapasitas yang terdapat dalam smartphone tersebut, untuk itu usahakan batrai smartphone anda memiliki daya diatas 50%.

Jika Smartphone anda berhasil hidup itu artinya anda telah berhasil mengatasi bootloop pada smarphone anda, namun jika smartphone tetap tidak mau masuk ke ke keadaan normal itu artinya anda perlu melakukan cara yang ke 2.

Mengatasi Bootloop Dengan Flashing Tanpa PC


Untuk cara yang ke dua ini disebut flashing, kita tentunya memerlukan sebuah bahan yang umumnya di sebut firmware, bahan ini nantinya akan kita instal ke dalam Smartphone tanpa menggunakan pc. Ukuran firmware ini sekitar lebih dari 500mb, untuk itu siapkan kuota internet yang cukup untuk mendownloadnya.

Sebelum kita masuk ke tahap flashing silakan download dulu firmware Asus Fone Pad K012 Versi 10.32.1.31.1 Disini. (Mohon beritahukan jika link download bermasalah/mati)

Setelah itu Anda Akan Mendapatkan File yang saya sebut firmware seperti diatas dengan ekstensi Zip yang bernama "UpdateLauncher_K012_WW_10_32_1_33_1.zip". Ekstraklah file tersebut, dan gantilah file hasil ekstrak tersebut dengan nama K012_sdupdate.zip 

Simpan file yang telah diganti nama jadi K012_sdupdate.zip ke dalam memori card, jangan simpan didalam folder, simpanlah di bagian luar dan masukan memori card tersebut ke dalam smartphone yang bootloop tadi. Dalam keadaan mati masuklah kembali ke recovery mode dengan menekan Volume Up/Down + Power bersamaan hingga masuk ke menu recovery mode seperti screenshot pada gambar sebelumnya.

Flashing For Droidboot Menu

Pilih SD Update seperti pada keterangan di atas, biarkan smartphonemu memproses flashing yang sedang berlangsung, ingat jangan sampai smartphone mati karna kehabisan batrai, jadi lebih baik chargerlah terlebih dahulu hingga batrai terisi penuh sebelum memulainya.

Jika anda berhasil melalui proses ini smartphone akan hidup seperti pada awal setelan pabrik dan itu artinya anda telah berhasil Mengatasi Bootloop Asus Fone Pad K012 Tanpa PC & Selamat !!!

Demikian Cara Tutorial Flashing kali ini, jika ada kendala silakan tinggalkan komentar dibawah. Nantikan Tips, Trik dan Tutorial flashing lainnya pada kesempatan berikutnya di TRIK RICKY. Salam hangat.
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

CEO sekaligus Content Specialist di trikricky.com. Jangan lupa bahagia.