Pengalaman Mengatasi Kesalahan DNS Total Di Webmaster Tools

Pengalaman Mengatasi Kesalahan DNS Total Di Webmaster Tools

Ternyata ngeblog itu bukan sekedar menulis artikel dan menerbitkannya, kita juga harus memperhatikan hal lain yang berkaitan dengan blog itu sendiri, dari mulai memilih/membuat design template, setting domain dan hosting, memantau aktifitas blog di webmaster, mempromosikannya ke media sosial, menautkan link kesana kesini, dan banyak lagi.

Nah kali ini saya baru saja untuk yang pertama kalinya mengalami masalah kecil di beranda Webmaster Tools saya, di dashboard terdapat laporan bahwa blog saya tidak dapat ditemukan dan tidak dapat dirayapi oleh google, blog saya mengalami masalah DNS total seperti tampak pada screenshoot berikut:


Alhasil saya panik bercampur kesal, saya pun coba menghubungi salah satu Penyedia domain yang saya pakai saat itu melalui layanan CS yang sudah disediakan, dan ternyata setelah mereka cek blog saya dalam keadaan baik-baik saja. Mereka hanya menyarankan untuk verifikasi ulang blog dan domain di webmaster dan memasukan ulang kembali.

Akhirnya saya pun mengikuti saran tersebut, lebihnya lagi justru saya sampai menghapus blog saya yang dari webmaster dan kemudian memverifikasikan ulang semuanya kembali satu persatu, namun tetap saja icon kuning yang berisi tanda seru putih itu tak kunjung menghilang.

Saya coba mencari informasi kesana kesini sampai mengacak-acak semua halaman google, bertanya di forum-forum namun sedikit sekali blog yang menjelaskan dan memberi solusi akan masalah ini. Rasa penasaran saya pun menjadi-jadi, saya coba menghubungi kembali penyedia layanan DNS dan hosting di blog saya, saya mendesaknya dengan berbagai macam pertanyaan, sampai akhirnya pihak CS pun mengakui bahwa memang benar adanya server mereka sedang trouble alias Down. Mereka pun meminta maaf dan meminta saya untuk menunggu 3x24 jam kerja dan akan normal kembali.

Setelah memdapat kabar tersebut rasa kesal saya semakin menjadi-jadi, Meski masa berlaku domain saya masih 6 bln lagi, tanpa pikir panjang akhirnya saya mencari penyedia layanan domain dan hosting lain dan menggantinya dengan domain baru.

Nah dari kejadian diatas disimpulkan bahwa penyebab semua masalah DNS di atas adalah si penyedia layananan domain dan hosting itu sendiri, maka dari itu pilihlah layanan penyedia hosting dan domain yang baik dan hampir tidak pernah mengalami down pada server mereka. Tentunya kita tidak ingin traffic blog merosot bukan? Untuk itu sebelum membeli domain atau hosting sebaiknya anda bisa bertanya dahulu kepada sesama blogger atau menanyakannya di forum-forum blogger ternama.

Demikian sedikit ringkasan mengenai Pengalaman Mengatasi Kesalahan DNS di Webmaster Tools kali ini, semoga apa yang terjadi pada saya tidak terjadi juga pada anda yang belum pernah mengalami masalah seperti ini, khususnya blogger pemula yang baru ingin mengganti domainnya dari blogspot ke domain TLD.
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

CEO sekaligus Content Specialist di trikricky.com. Jangan lupa bahagia.