Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Hal pertama yang harus kita pelajari sebelum kita belajar untuk menggunakan sebuah komputer  yaitu mengenal bagian-bagian komputer terlebih dahulu, untuk itu kini kita akan berkenalan dengan bagian-bagian komputer yang perlu kita ketahui sebelum belajar komputer. Bagian komputer pada umumnya dibagi menjadi tiga yaitu Brainware, Software dan Hardware.

Sistem komputer Adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang melakukan tugas seperti input, proses, menyimpan data, output yang dikendalikan oleh pengguna / pengoperasi (Brainware).

Hardware


Hardware adalah sebuah perangkat keras yang diartikan peralatan yang bentuk fisik nya nyata dapat kita rasakan atau disentuk fisik nya dan terlihat jelas.

Contoh Hardware adalah Keyboard, Monitor, CPU beserta komponen perangkat keras didalam nya seperti mother board, RAM, processor, power supply, VGA card dll.

Software


Perangkat lunak (software) atau disebut juga dengan peranti lunak adalah sebuah program komputer yang menghubungkan antara pengguna komputer dan perangkat keras yang sedang digunakannya.

Perangkat lunak juga merupakan penerjemah antara manusia sebagai orang yang memberi instruksi dan komputer sebagai pihak yang menerima instruksi. Contoh software yaitu Aplikasi yang berjalan pada komputer seperti Microsoft Office, Google Chrome, Pemutar Musik dll.

Brainware


Brainware adalah pengguna komputer artinya seseorang atau manusia yang mengoperasikan sistem komputer. Contohnya yaitu Manusia

Dari ketiga bagian sistem komputer diatas, dalam sitem komputer juga terdapat unit pembantu seperti usb modem sebagai alat bantu koneksi internet, Handsfree dan speaker sebagai alat pendengar suara, barcode alat scan kode, fun eksternal sebagai alat bantu pendingin komputer (kipas luar) dll.

Demikian Semoga artikel tentang Pengertian Hardware Software Brainware ini bermanfaat untuk anda dimanapun berada.
Advertisement
Advertisement

Diam lebih baik dari pada berdebat dengan orang‐orang bodoh.