Cara Cek Virus Komputer Dengan Command Prompt

Cara Cek Virus Komputer Dengan Command Prompt

Selain dapat melacak beberadaan virus, banyak sekali fungsi yang bisa di jalankan dengan command prompt ini, salah satunya seperti postingan sebelumnya saya juga pernah share tentang Cara Melacak Lokasi Pasangan Lewat whatsapp yang juga menggunakan Fitur Command prompt.

Virus  merupakan sebuah program yang sengaja dibuat oleh seseorang sebagai program untuk merusak sebuah sistem komputer, umumnya Virus ini terdiri dari beragam jenis, ukuran dan cara kerjanya.

Banyak sekali efek yang disebabkan oleh virus, yang paling umum diataranya :
  1. Komputer tiba-tiba mati sendiri atau merestart tanpa perintah
  2. Komputer berjalan sangat lambat dari biasanya
  3. File / folder menghilang atau otomatis memodifikasi sendiriAda program yang mencoba mngakses internet tanpa alasan yang jelas
  4. Informasi atau gamber aneh tiba-tiba muncul dilayarProgram secara otomatis berjalan sendiri
  5. Kapasitas Memory bertambah / berkurang sendiri (padahal anda tidak mnginstal / uninstal aplikasi)
  6. Lampu indikator LED Hard Disk / Drive berkedip tanpa henti
  7. CD/DVD tray muncul dan keluar tanpa alasan apapun

Ada Beberapa nama jenis virus komputer, seperti Trojan, Worms, Web scripting virus, Multipartite virus, Companion virus, Polymorphic virus, Directory virus FAT virus, WannaCry (virus terbaru )

Banyak sekali cara yang bisa digumakan untuk mengetahui keberadaan virus di komputer, diantaranya adalah dengan menggunakan command prompt.

Untuk mengecek keberadaan virus dengan command prompt anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Open command prompt, klik cara Start > Run > ketik cmd (didalam kotak isian)

Run cmd

  •  (Secara default, lokasi akan berada di C:\Documents and settings\nama_user, untuk itu anda harus pindah terlebih dahulu ke folder system32)
  • Ketikkan "cd c:\windows\system32" (tanpa tanda petik). Tekan enter untuk masuk ke folder system32.
  • Ketik "setup" lalu tekan enter


Jika muncul popup  yang didalamnya terdapat peringatan "Please go to the Control Panel to install and configure system components" seperti pada gambar dibawah ini.

Popup notifikasi - cara cek virus dwngan cmd

Popup tersebut menandakan bahwa komputer anda bersih dan bebas dari virus, tetapi jika komputer anda nge-hang atau restart dengan sendirinya itu artinya ada virus yang mendiami komputer anda.

Untuk cara menghapus dan membasminya tentu ada perlu menggunakan program anti virus, namun jika virus tersebut tidak dapat di basmi dengan anti virus sebaiknya anda instal ulang program komputer anda.

Itu lah singkat Cara cek virus di komputer dengan command prompt, nantikan tutorial lainnya seputar komputer di blog ini, demikian dan semoga bermanfaat.
Advertisement
Advertisement

Tidak masalah seberapa lambat kau berjalan, asalkan kau tak berhenti.