Hal Yang Membuat Flashdisk Cepat Rusak

Hal Yang Membuat Flashdisk Cepat Rusak

Flashdisk merupakan media penyimpanan data atau file Offline Storage yang tidak membuatuhkan koneksi internet dalam pengoperasiannya, lain halnya dengan Media penyimpanan Cloud storage (Online) yang menggunakan koneksi internet dan memiliki kapasitas penyimpanan besar seperti artikel yang sudah saya terbitkan sebelumnya tentang Beberapa Jenis media penyimpanan online populer yang sering di gunakan pengguna di zaman teknologi ini.

Didalam Flashdisk tertanam sebuah controller dan memory penyimpanan yang bersifat non volatile atau tidak hilang meski tidak ada daya listrik, flashdisk juga sangat mudah di bawa karena memiliki ukuran yang kecil dan ringan.

Flashdisk sendiri berfungsi sebagai media penyimpanan data atau file dalam berbagai format dengan kapasitas tertentu, anda juga bisa menjalankan sebuah aplikasi dan sistem operasi portable, fungsi lain Flashdisk juga bisa di gunakan untuk menginstal sistem operasi di komputer maupun laptop meski tanpa menggunakan DVD bawaan sebagai medianya.

Kelebihan Flashdisk


Umumnya flashdisk Memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar dengan ukuran yang kecil dan ringan. Cara penggunaan nya sangat mudah juga dapat di bawa kemanapun anda membutuhkannya. Flashdisk juga memiliki harga jual yang terjangkau.

Kekurangan Flashdisk


Karena Ukurannya yang Kecil maka tak jarang Flashdisk mudah hilang, untuk itu disarankan agar jika anda ingin membeli sebuah flashdisk, pilihlah flashdisk yang memiliki lubang kecil agar dapat di hubungkan dengan gantungan kunci berbentuk tali agar tidak mudah hilang.

Hal Sepele Penyebab Flashdisk Cepet Rusak :


1. Eject Flashdisk setelah digunakan.

Tedapat 2 macam penjelasan dan ada yang pro dan kontra. Beberapa pengguna flashdisk mengatakan setelah memakai flashdisk harus di Eject terlebih dahulu dan sebagian pengguna lain mengatakan tidak perlu melakukan eject pada flashdisk pada setelah digunakan.

Menurut saya jika tidak di eject dan langsung di cabut saja itu dapat merusak file atau data yang masih belum sempurna pada saat pemindahan data / file terjadi  begitu juga sebaliknya jika kita mengeject Flashdisk setelah mengcopy data atau lain sebagai nya pasti pada saat proses pengeject flashdisk akan ada pemberitahuan jika masih ada file yang belum di trensfer secara sempurna.

2. Simpan Di tempat yang aman.

Flashdisk terkena air atau tidak sengaja terkrna air seperti ikut terendam ke dalam saku celana saat dicuci, terkena benturan yang keras.

Untuk menghindari dari hal tersebut, tutup bagian ujung flashdisk jika ada penutupnya agar flashdisk tidak mudah terkena debu atau kotoran-kotoran kecil,dan jangan simpan flashdisk anda di tempat yang panas.

3. Scan Virus.

Setelah flashdisk terhubung di berbagai macam media seperti laptop atau komputer, anda wajib mengscan Flashdisk anda agar tidak terinfeksi Virus. Jika terinfeksi Virus segera hapus Vitus tersebut.

4. Jauhkan dari Magnet.

Hal ini adalah benar karena jika Flashdisk atau alat elektronik lain jika didekatkan dengan magnet bisa merusak suatu perengkat tersebut. Magnet mempunyai daya tarik yang cukup besar akibatnya jika flashdisk didekatkan dengan magnet maka semua File atau Data-data dalam Falasdisk tersebut akan hilang.

Demikian artikel tentang Hal sepele yang membuat Flashdisk Cepat Rusak, semoga dengan cara yang disebutkan diatas anda dapat menghindari terjadinya kerusakan pada flashdisk anda.
Advertisement
Advertisement

Diam lebih baik dari pada berdebat dengan orang‐orang bodoh.