Membuat Widget Hitung Mundur Menyambut Idul Adha 2017

Widget hitung mundur hari besar

Assalamualaikum... Hari raya Idul Adha atau biasa disebut hari Kurban karena identik dengan penyembelihan hewan kurban dirayakan umat Islam setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Dalam kalender masehi, perayaan Idul Adha tahun ini diperingati pada hari Jumat tanggal 1 September 2017.

Sejarah Idul Adha


Perayaan Idul Adha berawal dari cerita Nabi Ibrahim yang kala itu berkurban hewan-hewan peliharaannya yaitu domba, sapi, dan unta dengan jumlah yang banyak. Namum nabi Ibrahim merasa itu belum seberapa, bahkan beliau berjanji pada diri sendiri bahwa beliau akan rela menyembelih anaknya sendiri andai dikaruniai seorang anak. Sumpah ini diucapkan karena istrinya saat itu, Sarah, belum juga memiliki anak meskipun sudah lama menikah dengan Ibrahim. Kemudian Ibrahim diperintah untuk menikahi Siti Hajar. Itulah awal mula sejarah Idul Adha.

Tidak lama setelah menikah dengan Hajar, kemudian beliau dikaruniai anak yang bernama Ismail. Sampai pada suatu malam, nabi Ibrahim bermimpi mendapat perintah dari Allah untuk memenuhi nadzarnya yaitu menyembelih anaknya. Meskipun sempat bingung, akhirnya Ibrahim menaatinya. Ismail yang kala itu berusia 7 tahun pun ikhlas menerimanya. Namun, pisau yang hendak digunakan untuk menyembelih Ismail ternyata tidak cukup kuat untuk menyembelihnya. Maka selamatlah Ismail.

Pada beberapa riwayat, disebutkan juga bahwa Allah mengganti Ismail dengan seekor domba hingga akhirnya muncullah perintah kurban pada Idul Adha dengan domba ataupun hewan kurban lain. Karena itu juga Idul Adha sering disebut sebagai hari Qurban atau Kurban karena identik dengan penyembelihan hewan kurban.

Tradisi Idul Adha Di indonesia


Di Indonesia, Idul Adha biasanya diperingati dengan Sholat Id. Meskipun beberapa kelompok kadang memiliki perbedaan hari dalam menentukan tanggal hari raya, tetapi tidak ada perbedaan tata cara pelaksanaan Sholat Id. Biasanya, Sholat Id dilakukan di Masjid. Tetapi, banyak juga yang melakukannya Mushola, lapangan, bahkan alun-alun.

Jika jumlah jamaah banyak, biasanya Sholat Id dilakukan di lapangan atau alun-alun. Meskipun kebanyakan orang mengikuti pemerintah dalam penetapan hari raya ini, banyak juga yang memperingatinya lebih awal ataupun lebih akhir.

Setelah melaksanakan sholat Id, biasanya dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Meskipun ada juga yang menyembelih hewan kurban pada hari berikutnya sampai batas maksimal penyembelihan hewan kurban. Di beberapa daerah, warga mengumpulkan hewan kurbannya di masjid tempat mereka melaksanakan sholat Idul adha. Tetapi banyak juga yang menyembelih di rumah mereka masing-masing. Tak lupa, takbir terus berkumandang dengan merdu dan lantang.

Mengingat Pentingnya Idul Adha sudah semakin dekat ditahun ini yaitu tepatnya jatuh pada tgl 10 Dzullhijjah 1438 H atau bertepatan dengan tanggal 1 September 2017, disini saya akan berbagi Tutorial Cara membuat widget hitung Mundur Idhul adha 2017 yang bisa anda terapkan diblog.

Widget Hitung mundur Idul Adha 2017


Untuk membuat widget ini anda cukup menambahkan kode berikut di dalam widget baru, bebas mau disidebar maupun di tempat lain:

<style type="text/css" scoped="scoped">
#iduladha2017 {background:#2C3E50;color:#5CAAFF;font-family:'Roboto', Arial, Sans-serif;font-size:20px;text-transform:uppercase;text-align:center;padding:10px 0;font-weight:normal;}
  .teks {color:white}
</style>
<div id="iduladha2017">
<span id="countdown"></span>
</div>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// set the date we're counting down to
var target_date = new Date("Sep 01, 2017").getTime();
// variables for time units
var days, hours, minutes, seconds;
// get tag element
var countdown = document.getElementById("countdown");
// update the tag with id "countdown" every 1 second
setInterval(function () {
    // find the amount of "seconds" between now and target
    var current_date = new Date().getTime();
    var seconds_left = (target_date - current_date) / 1000;
    // do some time calculations
    days = parseInt(seconds_left / 86400);
    seconds_left = seconds_left % 86400;

    hours = parseInt(seconds_left / 3600);
    seconds_left = seconds_left % 3600;

    minutes = parseInt(seconds_left / 60);
    seconds = parseInt(seconds_left % 60);

    // format countdown string + set tag value
  countdown.innerHTML = days + " <span class='teks'>hari</span> " + hours + " <span class='teks'>jam</span> "
  + minutes + " <span class='teks'>menit</span> " + seconds + " <span class='teks'>detik menuju hari raya idul adha</span> 10 Dzulhijjah 1438 H/2017";
}, 1000);
//]]>
</script>

Simpan Widget dan lihat hasilnya dengan Me-reffress kembali halaman blog anda.

Anda juga dapat mengganti warna widget sesuai dengan warna blog anda dengan mengganti kode yg ditandai.

Bagaimana mudah bukan? Mudah-mudahan dengan adanya widget ini di blog anda dapat mengingatkan pengunjung blog khususnya umat islam agar dapat mempersiapkan diri untuk melaksanakan perintah allah SWT untuk berkurban di jalannya.

Demikian Pembahasan Artikel Mengenai idul adha dan Cara membuat widget hitung mundur Idul Adha tahun ini.

Akhir kata, Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Advertisement
Advertisement

Tidak masalah seberapa lambat kau berjalan, asalkan kau tak berhenti.