Arti HTML dan HTML5 Pada Template Blog

Arti HTML dan HTML5 Pada Template Blog

Sebagian orang mungkin ada yang bertanya-tanya Apa itu HTML? atau Apa perbedaan HTML dengan HTML5? Pertanyaan ini mungkin sering terlontar oleh seorang blogger pemula atau mereka yang baru mengenal HTML. Penjelasan mengenai apa sih bedanya HTML vs HTML5 dapat Anda lihat lebih detail pada masing-masing bagian pembahasan dibawah ini.

Arti HTML


HTML adalah kepanjangan dari HyperText Markup Language, merupakan bahasa interpretasi yang digunakan pada sebuah halaman web. HTML mendeskripsikan struktur halaman web yang ditulis dengan element atau tag yang yang mengapit konten atau teks didalamnya.

Penjelasan lebih rinci mengenai arti kata-perkata dari HTML adalah sebagai berikut:

1. HyperText

Merupakan Istilah teks aktif, yang apabila diklik akan meloncat atau menuju halaman lain. Ini merupakan kemampuan dari sebuah halaman web yang dapat saling berhubungan antara halaman satu dengan lainnya.

2. Markup

Merupakan tag-tag yang biasanya diawali dengan tag pembuka (opening tag) dan tag penutup (closing tag) yang memberi kemampuan untuk menata layout atau memformat struktur halaman web pada sebuah konten teks sederhana didalam file HTML itu sendiri.

3. Language

Merupakan bahasa yang digunakan oleh HTML itu sendiri. Perintah-perintah tag menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh browser atau interpreter lainnya.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman pada umumnya, seperti Java, C, C++, visual basic dan sejenisnya, melainkan bahasa markup / markah yang ditulis dengan perintah tag-tag atau element yang menaungi (mengapit) konten didalamnya yang akan ditampilkan pada sebuah halaman web oleh browser atau HTML interpreter (penerjemah HTML) lainnya.

Arti HTML5


HTML5 adalah kepanjangan dari HyperText Markup Language versi 5, merupakan HTML baru penerus dari HTML 4, XHTML1, dan DOM Level 2 HTML. HTML5 merupakan pengembangan bahasa HTML yang lebih baik, lebih berarti atau semantik (semantic meaning) yang sebelumnya adalah bahasa markup sederhana menjadi sebuah flatform canggih, penuh fitur dan kaya akan antarmuka pemrograman aplikasi yang disebut API (Application Programming Interface).

Fungsi HTML


HTML berfungsi untuk menampilkan konten, menghubungkan (link) antar halaman, memberi struktur dan informasi terkait dengan sebuah halaman web. konten sebuah web tidak hanya terbatas pada teks saja, melainkan konten interaktif lainnya seperti video, audio, gambar dan animasi dapat disisipkan dan ditampilkan pada halaman web.

Anda bisa melihat Konten File berformat HTML berikut:

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <meta charset="utf-8" />
    <title>Judul HTML</title>
  </head>
  <body>
    <p>Paragraf</p>
  </body>
</html>

Cara Menulis (Membuat) file HTML


File HTML dapat ditulis atau dibuat dengan program teks editor sederhana, seperti Notepad, Notepad++ atau teks editor lainnya dengan cara membuat file baru, kemudian menulis (atau copy-paste) seperti contoh diatas, lalu simpan dengan extensi .html atau .htm.

Cara Membuka file Berextensi HTML


File HTML, biasanya berekstensi .html atau .htm dapat langsung dibuka dengan web browser seperti: Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer dan Microsoft Edge.
Advertisement
Advertisement

Artikel Terkait

Jangan menunggu kemampuan sebelum anda bersedia Bertindak. Bertindaklah karena itulah yang kelak menjadikan anda mampu